Selasa, 08 Februari 2011

Cara Menginstall Java di Windows XP

Yeah, karena hari masih pagi dan masih belum dikasih kerjaan. Jadi, iseng deh nulis-nulis blog.
Nah, kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara installasi Java di komputer yang bersistem operasi Windows, lebih tepatnya sistem operasi Windows XP Profesional (*kebetulan, yg saya pakai itu :), tapi tidak menutup kemungkinan, cara installasi ini juga dapat diterapkan di sistem operasi yang lain.
Ok, yuk, kita cekidot ..

Oh ya, sebelum saya saya kasih tau gimana caranya menginstall Java, maka perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa Java sebenarnya terdiri dari atas 2 pengertian, yaitu :

  1. Teknologi Java sebagai suatu platform, yang biasa disebut juga sebagai Java Runtime Environment (JRE). Platform ini diperlukan sebagai lapisan atau layer untuk menjalankan program Java yang telah dikompilasi (bytecode).

    Untuk melakukan kompilasi kita memerlukan tools tambahan yang ditambahkan ke dalam JRE dan dikenal sebagai Java Development Kit (JDK). Jadi, di dalam JDK sendiri secara otomatis sudah terdapat platform JRE.

  2. Bahasa programming Java.

    Bahasa inilah yang mungkin dirujuk sebagai "Java" secara umum. Java merupakan bahasa Object Oriented Programming (OOP) yang bisa diklaim telah diimplementasikan secara penuh .  OOP di Java merupakan pengembangan lebih lanjut dari dari bahasa C++.

JRE dan JDK merupakan suatu aplikasi/program yang perlu diinstalasi terlebih dahulu. Paket untuk JRE dan JDK tersedia untuk berbagai sistem operasi populer seperti Microsoft Windows, Macintosh, Unix, Linux, dan Solaris.

    Karena ketersediaan JRE/JDK yang multi-platform dan karena aplikasi Java berjalan di atas JRE ini, maka seringkali teknologi Java dikenal dengan motto "Write Once Run Everywhere" (Ditulis sekali saja untuk satu platform tetapi dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi).

    Siip, jadi udah pada ngarti kan ya klo Java itu tidak hanya 'sebuah' bahasa Pemrograman, tapi juga mencakup teknologi-teknologinya.
    Nah, sekarang, kita mulai cara menginstall Java di Sistem Operasi Windows.........

    1. Untuk menginstall Java, tentu saja terlebih dahulu kita harus punya installernya bukan? File installer ini bisa kita download di http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

    2. Download file JDK dan JRE-nya


    3. Setelah didownload. lalu install,,, ikuti prosedur yang ada... (baca : klik next-next)

    4. Nah, biasanya disinilah proses yang paling penting dalam menginstall program Java. Seringkali kebanyakan setelah terinstall Java tak mau running. So, perhatikan langkah selanjutnya dengan seksama yaaa..

    5. Pastikan Java telah terinstall di kompi kamu. Cara mastikannya, buka command prompt, lalu ketikkan "java" (*tanpa tanda petik). Jika tulisan berikut yang muncul, maka Java berarti telah terinstall di kompi kamu.


    6. Ok, jika sudah pasti terinstall, maka sekarang saatnya untuk mengkonfigurasi environment variabel. Supaya apa? Agar komputer kamu juga bisa merunningkan program Java (baca: compiler Java). Begini caranya....

    7. Buka Start, klik kanan pada My Computer, lalu pilih Properties.


    8. Pada jendela System Properties, bukalah tab Advanced, lalu pilih Environment Variables yang terletak pada sisi bawah kiri jendela.


    9. Cari variable path pada System Variables lalu pilih Edit.




    10. Tambahkan satu nilai pada Variable Value yaitu folder binary instalasi JDK. Untuk contoh pada blog ini maka path kita adalah C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_05\bin. Perhatikan pada gambar bahwa antar satu path/folder yang satu dengan path yang lain kita pisahkan dengan tanda titik koma.


    11. Ok, sampai tahap ini, kita telah selesai menginstall Java. Sekarang, saatnya membuktikannya dan mencobanya... Caranya : buka command prompt kamu, lalu ketikkan "java -version" (*tanpa tanda petik) untuk melihat versi berapa Java yang telah terinstall di kompi kamu dan "javac - version" untuk melihat versi compiler Java yang terinstall di kompi kamu. 

    Baiklah, selamat mencoba yah guys,,,



    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Give me your comment, please...