True Story : Tips Mengembalikan BIOS Toshiba yang Hilang :(

Halo sahabat, gimana kabarnya? Semoga selalu setia untuk mengikuti tulisan-tulisan di blog ini ya.. hehe

seperti biasa, Tips dan Trik di blog ini selalu muncul berdasarkan pengalaman pribadi.
Kali ini kebagian dapat kerjaan dari si Rara, doi bingung mau ngebaikin laptop kakaknya yang super duper bin kuadrat lambat,. pokoknya mau ngapa2in di laptop itu lambat banget dah,.
nah, ceritanya aku mau coba lihat, tu laptop, awal dinyalain, laptop berjalan seperti biasa,
selang beberapa menit kemudian, proses booting berhenti, dan muncul pesan :
BOOTMGR is missing; CTRL + ALT + DEL to restart
Oh, aku baru ingat, kalo tu laptop belum selesai installan windowsnya gegara laptopnya lambat banget waktu nginstal,... and disinilah terjadi titik permasalahannya...
Dengan berbekal ke'sok tahu'anku... aku coba masuk ke BIOSnya dengan menekan tombol F2 saat logo Toshiba muncul,. aku lihat-lihat.
Dan sesampainya di Tab boot, ada pilihan Fast sama Normal. Sempet sih aku baca keterangannya, yang katanya kalo pilih Fast, proses Booting akan jadi lebih cepat karena menghilangkan tampilan logo di awal. Nah, aku pikir kan ga pa pa, toh cuma logo yang hilang. Dan aku pilihlah itu boo menjadi Fast. Simpan. Restart.

Untuk beberapa saat, layar tetap gelap.
Lalu muncullah pesan yang sama :
BOOTMGR is missing; CTRL + ALT + DEL to restart
nah lho??
apa yang terjadi???

trus, aku tekanlah tu tombol-tombol buat restart....

dan ternyata....... BIOS SAMA SEKALI GA MUNCUL !
..... alamaaaaaaaaaakkk... paniklah akuuuu.... maka ini laptop orang.... T.T

akhirnya aku coba untuk masuk ke BIOS dengan menekan F2 seperti tadi caraku saat akan mengubah booting load dari Normal ke Fast. Ternyata NGGAK MAU!

jderrrrrr!!!!
tambah panik.....

akhirnya coba bertanya dengan si Mbah (baca: Googling)

eh, ternyata, ada juga yang punya pengalaman sama aku...

aku coba deh,,,..

begini caranya....
  1. Laptopnya direstart.
  2. Tekan F2 atau CTRL+ALT+DEL beberapa kali saat laptop booting.
  3. Setelah restart tekan F2, kali ini dengan memencet tombol power juga tanpa melepaskan tombol itu untuk mematikan laptop.
  4.  Nyalakan kembali laptop dengan menekan tombol power tanpa melepaskan tangan dari tombol F2.


daaaannnn....

.......

.......

alhamdulillah..... :D
BIOS KEMBALI MUNCUL!...

Terima kasih ya agan Haery As Sazali yang punya blog Kampong Sharing ^_^  yang udah berbagi pengalamannya.

Oh ya, jangan lupa, setelah BIOS kembali muncul, kembalikan lagi settingan bootnya dari Fast ke Normal yaak, biar kejadian tadi nggak terulang lagi, hehe.

6 Komentar

  1. mantab gan ilmunya.. ane juga lagi bingung nih ngatasin HDD pc di kantor ane yang sukanya harus mencet ctrl+alt+del

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi gimana gan?
      problem agan udah solved lum?

      Hapus
  2. thanks gan.. tertolong banget... ud hampir putus asa da..

    BalasHapus
  3. Gan trs Masalah BOOTMGR is missing; CTRL + ALT + DEL to restart,, solusinya gmna? Apa hrs repair lwat CD install an win nya? Say coba OK flash disk kok gk bsa ya?

    BalasHapus
  4. Makasih ka hampir panik, tpi yg bikin panik pas mau nginstal ulang leptopnya blm masuk ke windows nya tau2 mati sndiri 😂

    BalasHapus

Give me your comment, please...