Senin, 16 April 2012

Wireless Adapter Ga Kedetek di Acer Aspire 4540 setelah di Inul ke Win7

*hufftttt,,,,,
akhirnya aku bisa bernafas legaaaaa.....
kenapa yok?

yeah, setelah seharian penuh berkutat dengan laptop si Bapak yang habis aku instal ulang akhirnya berhasil juga memecahkan permasalahan yang sebelumnya sudah membuatku down. Takut ga dipercaya lagi sama si Bapak. But, at least,. Alhamdulillah...Berhasil juga :)

Jadi, ceritanya begini...
Karena Bapak merasa laptopnya sudah mulai berat, dan juga akibat dari saran seorang TU (*ga tau TU di sekolah mana -___-) yang mengatakan bahwa laptop Bapakku ini bagaikan peternak virus, akhirnya sang Bapak memintaku untuk meng-inul-kan laptopnya. Padahal klo menurutku sih, baikan ga usah diinul, soalnya secara fisik tu laptop baik-baik saja, masih ga bermasalah & ga mengganggu banget kok, satu-satunya permasalahan yang cukup membuat Bapak semakin meyakinkanku untuk menginstal ulang laptopnya adalah karena laptopnya tidak bisa digunakan untuk webcam-an dengan cucu kesayangannya di Berau sana.

Setelah diwanti-wanti dan ditanya berkali-kali tentang berapa lama waktu yang ku perlukan untuk meng-inul si laptop, akhirnya laptop pun ku bawa ke atas, menuju bengkel kerjaku (baca: kamarku). Ku back-up terlebih dahulu semua data-datanya ke harddisk eksternalku,... ga lama, karena data yang Bapak punya di laptopnya tidak sebanyak laptopku yang lebih banyak berisikan film ketimbang file skripsi. Proses pemback-up data kulakukan sembari menggosok baju kesayangan,. haha

Back-up data pun selesai.
Dan proses peng-inul-an pun dimulai....
daripada bete lama menunggu, kulakukan sambil ditinggal mandi dan bersiap-siap untuk jalan...

Selesai mandi, proses penginstallan windows pun selesai,.
setelah set sana set sini, atur waktu dan sebagainya..
install office, adobe reader, dan sebagainya...
akhirnya ku tinggalkan jalan....
dan malamnya setelah aku pulang, aku gunakan untuk menonton film Dream High. ^_^

Nah, permasalahan mulai muncul saat keesokan harinya.
Di hari Minggu yang cerah itu,.. setelah aku serah-terimakan si laptop kepada si Bapak...
entah mengapa, saat Bapak mencoba untuk mengkoneksikan ke internet,. laptopnya ga mau!
wah, ga bener ini.... pikir si Bapak...
akhirnya dimintalah aku untuk memperbaikinya kembali dengan sebelumnya terdengar celetukan "Wah, pasti kamu salah instal ini, kenapa bisa rusak setelah diinstal ulang? Kalo tau begitu, mending ga usah Bapak instal."
hiks, sedih dengernya... seolah-olah aku yang salah... padahal kaaannnnn....

Karena siang itu, Bapak sedang perlu menggunakan laptopnya, akhirnya aku baru mengupayakan untuk memperbaikinya hari ini, sehari setelah hari itu (*apaan sih?)

Sudah berbagai macam cara aku lakukan untuk membuatnya kembali jatuh cinta kepadaku.. (*loh, loh?). Haha, maksud aku untuk kembali berfungsi.... Awalnya aku pikir, karena aku belum menginstall drivernya,. jadi ya aku install. Setelah diinstal ternyata tidak terjadi perubahan apa-apa. Tetap sama. Gambar bar yang mengisyaratkan ada sinyal WiFi ketika dklik dan dikonekkan, tidak berhasil terkonekkan. Dan setelah itu lambang tersebut menjadi hilang dan berubah menjadi lambang tidak mendapat sinyal WiFi.

Aku pikir, ah mungkin drivernya ada yang error tadi.. Jadi ya aku uninstall trus aku install lagi. Ternyata hasilnya tetap sama. Lalu aku coba untuk menggunakan USB Wireless Adapter-ku yang terpasang di laptopku, dan ternyataaa.... mau!! Loh, loh, kok kayak gini??!!

Lalu aku coba untuk tanya-tanya ma paman jauhku dari negeri seberang, aku memanggilnya paman Google. Ga banyak yang bisa kudapatkan dari sana. Hampir sebagian besar memberikan saran yang sama: uninstall driver sebelumnya, baru install lagi driver yang baru. Dan cara ini sudah aku lakukan berulang kali, hasilnya sama saja. Nihil.

Woooaaaaaaa.....!!!!!
aku sudah hampir pusing dibuat kerjaan ma ni laptop!
mana si Bapak, bentar-bentar nanya lagi, "mau lah sudah?", "ini kamu nginstall kah?" "kenapa bisa nda mau? padahal sebelum diintal ulang, mau.", "kenapa itu Ni?"

huffffttt...

akhirnya karena sudah cukup putus asa dibuatnya,. aku pun mengambil keputusan untuk meng-inul lagi.
ya mau nda mau, dicoba az dulu laah...

jam setengah sebelas malam, selesai meng-inul. hasilnya??? ternyata... SAMA SAJA.
WiFi masih ga bisa konek!!

OMG!!! What must I doing???

bahkan sang Bapak pun sudah berputus asa dengan mengatakan, "Sudahlah Ni, klo nda mau ya sudah, nda papa, Bapak mau tidur nih, udah ngantuk." Terdengar rasa kecewa yang mendalam dari ucapan Bapak. :(

huaaaah,,, aku jadi merasa ga bertanggung jawab klo aku nyerah.

Walaupun udah jam setengah 12 malam, aku masih berkutat di depan laptop dan browsing sana sini mencari solusi.... hingga akhirnyaaa.... kutemukan sebuah web tentang Acer.... yang membahas permasalahan ini....

Sebenarnya isi webnya sama saja dengan yang sebelumnya,. yaitu uninstall lalu install lagi.
Tapi ada satu hal yang membuatku menyadari sesuatu dari web tersebut.

Yeah, di web tersebut ada SS yang memperlihatkan ketika akan meng-uninstall, akan ada pilihan "bla.bla.bla.Wireless Adapter".

Nah, itu dia masalahnya!!!
sejak tadi aku tidak menemukan itu!!
bahkan setelah aku berulang kali menginstall drivernya.

At least, aku coba untuk menginstall kembali drivernya, kali ini tanpa melepas USB Wireless Adapter yang mana sebelumnya selalu ku lepas, karena takut hardware-conflict.

Selesai menginstall, muncul balon yang menginfokan "Install New Hardware".. dan yang diinstal adalah Ethernet-nya... ah, masih sama kayak yang tadi... :(

Tapi aku tetap menunggu.
Dengan penuh rasa lelah, dan ingin menyerah saja..
Dengan mata yang sudah cukup berat, dan hampir terlelap diatas meja...

Tiba-tiba (*sok sokan biar dramatis) muncul lagi balon kedua..
Kali ini yang tertulis adalah menginstal "Network Adapter"!
NAH!!!!
ini dia!!!! (*batinku berseru) Semoga az ini yang dimaksud.

Aku pun menunggu.

10 menitan.

Ternyata dia mencoba untuk mendownload drivernya via internet.

78%..... 80%...... 97%..... 100%

......Sucessfully.......

Aku lepas USB Wireless Adapterku.... daaaaaaannnnnnnn....

TARRRRRAAAAAAAAAAAAA!!!!!!

ikon yang dilambangkan dengan bar berjejer 5 dengan tanda bulat kuning menandakan bahwa terdapat sinyal WiFi itu muncul! Dengan deg-degan yang teramat sangat, aku coba mengkoneksikan ke LeNi-hotspot,. daaann... ALHAMDULILLAH.... berhasil!!!!!

huaaahhhh,,, rasa senang teramat sangat menggelayuti hatiku... akhirnyaaaa... aku bisa memperlihatkan wajahku dengan bangga dihadapan sang Bapak.... haha

10 komentar:

  1. laptop acer 4540 saya jg sama wireles lan nya tidak conect,gmn cranya ya? soalnya drivernya tidak ada,,, tolong dibantu,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga ada drivernya, coba di donlod az dulu gan di situs acernya,.. klo udah di donlod, coba diinstal dulu deh, klo memang ga mau, mungkin masalahnya sama dengan laptop bokap ane,..

      Hapus
  2. Salam...
    Punya sy acer 4752..
    Entah ini gr2 habis tak instal ulang apa gimana, tpi seinget sy hbis di inul smpet bisa wifi-an kok
    Saya driver punya, udah ada semuanya komplit di backup dr vendornya, lihat di web dokter Acer cara2nya udah saya ikutin semua (mulai ngecek dari CMD, instal driver lagi, gak mau juga) tapi masalahnya "DI DEVICE MANAGER GA DA TULISAN WIRELESSNYA", di network adapter cuma ada ethernet ama loopback
    Di browse new hardware jg kagak mau..
    Ini yg rusak masih sistem, apa udah hardware ya??? (TT_TT)
    #tambahan lagi, gak punya USB wireless adapter

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm... belum bisa dipastikan yang rusak sistem apa hardwarenya,.
      install drivernya udah berapa kali?
      klo saya dalam artikel ini saja udah berulang kali... baru kesekian kalinya berhasil,.
      mungkin bisa dicoba ulang untuk instal drivernya,.
      maaf, saya ga bisa kasih solusi yang konkret, soalnya kadang masing2 laptop ada perbedaan penanganannya, memang cara yg terbaik adalah saya bisa lihat langsung..

      Hapus
  3. bacrit loh...

    BalasHapus
  4. Gan.. punya ane Toshiba Satellite a105 (abis di inul).. masalahnya.. knp waktu diidupin *3menitan adapternya sering hilang.. gmn ngatasinnya gan?? ane tauny cuma di restart trus bisa lagi.. tapi 2menit doang ;(... tolong dibantu ya gan? :) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. drivernya udah benar? udah disesuaiin dengan OSnya?

      Hapus

Give me your comment, please...