Fungsi IF di Microsoft Excel

Kemarin, tepat beberapa menit sebelum jam pulang kantor, seorang bapak bertanya tentang excel padaku..
katanya, "Kamu biasa pake excel?'
dan kujawab, "ada apa pak?" *sumpah,, ini ga nyambung bangetttt jawabnya...
lalu bapak itu pun menjelaskan permasalahannya dengan excel.....
rupanya tentang fungsi "IF"...

Masalahnya:
Jika saya inputkan nilai dari angka 6 mpe 8, maka nilai huruf yang keluar adalah B. Tapi jika yang diinputkan nilainya kurang dari 6, maka nilia hurufnya adalah C. Saya sudah mencoba dengan satu kondisi. Tapi kok untuk yang 2 kondisi tidak bisa ya???

aku pun ber'OOoohhhh' riaaa....
kami pun menuju komputer untuk mencoba...
1 menit..
2 menit...
aku stuck!!! *aaarrrghhh! sumpah, ane malu gan.. ::tampar bolak balik::

ku coba
dan terus ku coba
aku penasaran
hingga akhirnya jam pulang pun berdentang
"Sudah Lin, (*ha?? Lin??? siapa lagi itu???*) pulang az, besok az dilanjutin lagi, kasih tau saya kalo udah tau rumusnya ya..."

Ok, baiklah, aku pun pulang, melaju dengan Mio Sport Hijauku.... 
*NB : yang berdiri itu bukan aku..*

Sambil berkendara, aku berfikir...
gimana yaa caranyaaaaa....
.............................
.................................
..................................
aha!!!!
aku dapat logikanya!!!

sampai kost,.
buka pintu,.
langsung buka laptop tuk mencoba....
tik tik tik tik..
coba oprak oprek rumus di excel....

eng ing enggg.....
hasilnya jadi gini nih :

loh, kok B semua???
ku coba lagi dengan cara lain....
tik tik tik tik tik
hasilnya:

horreeeeee..... akhirnya ketemu jugaaaaa caranyyyyaaaaaa......
*senang #jogetalaIndia

tapiiiiii.....
tunggu...

aku nemu lagi rumus yang bagus...
begini :
nah, yang ini lebih mendingan.....
artinya :
Jika nilai pada sel A1 lebih besar daripada 8, maka tulis A. Jika nilai pada sel A1 lebih besar daripada 5, maka tulis B. Dan jika nilai pada sel A1 lebih besar daripada 2, maka tulis C.
hmmm,,, kayaknya ini lebih simpel dan lebih memecahkan permasalahan bapak diatas. Hasilnya jadi gini nih:

gimana??
lebih 'ngena' yang mana rumusnya??
yaaa... terserah agan-agan lah mau pake rumus yang mana....
intinya, sssaya hanya ingin curhat berbagi ilmu dan pengalaman saja disini...

Silahkan dicoba,. kalo punya rumus lain dengan permasalahan yang sama tentang "IF" bisa dishare disini..

0 Komentar